NAMA : SHINTA AMELIA D
NPM : 29211160
UNIVERSITAS GUNADARMA
1. MYOB
Kelemahan:
a) Database MYOB merupakan database yang dikunci,
artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di
MYOB, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit dipenuhi oleh
MYOB
b)
MYOB merupakan software buatan luar negeri
sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan
dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di
dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
c)
Tidak ada module fixed
assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets
yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang
memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan
keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
d)Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan
pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
e)
MYOB tidak dapat
digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan
konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
a)
Easy of use; MYOB
menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan
MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama
sekali. Kuncinya adalah setup dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang
paling penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana
proses bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan
alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya
mengikuti proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
b)
Accounting Power;
Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan
mengeluarkan perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan
menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang setup yang
dilakukan telah dilakukan dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan
laporan yang dapat diandalkan.
c) Feature Job dan Category yang dapat digunakan
untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh
laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen
untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus
dilakukan.
d) Proses instalasi dan maintenance yang murah.
Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya
maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh
MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan
apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian upgrade dengan harga yang relatif
lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
e)
Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau
setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak
berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan
tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari
pelajaran Accounting.
f)
Dapat digunakan untuk
memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih
dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses
tutup buku.
g)
Nilai investasi yang
relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (diluar
training dan implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan setup dan implementasi.
Pilihlah perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan
implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya;
tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan
tersebut.
h) Jangka waktu implementasi yang relatif cepat.
Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi
laba dapat anda siapkan dengan cepat; maka implementasi MYOB akan dapat
diselesaikan dengan cepat pula.
Kelebihan:
a)
Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi
b)
Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber
(faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan
terlebih dahulu.
c)
Bisa
secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya
sewaktu-waktu.
d)
Menyediakan fitur pengelolaan data klien
Kelemahan:
a)
Dalam hal perpajakan
(MOAE) tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di
Indonesia.
b)
Untuk fitur - fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif
pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.
3.
Accurate Accounting
Kelebihan:
a)
Sangat
mudah sangat aplikatif bagi proses bisnis UKM di Indonesia
b)
Dalam hal kepentingan
perpajakan, Accurate telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPn) yang berlaku
di Indonesia.
c)
Standar akuntansi yang
digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia,
terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya.
d) Nilai transaksi yang dapat dicover software ini
bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920 triliun.
Kelemahan:
a)
Untuk Harga sangat mahal
- ACCURATE Standard Rp. 5.000.000, – 2 user(2
komputer)
- ACCURATE Project Rp. 8.000.000, – 2 user (2
komputer)
-
ACCURATE Enterprise Rp.
25.000.000, – 5 user (5 komputer)
-
ACCURATE Extra Licence Rp. 1.500.000/licence (penambahan komputer)
4.
DacEasy Accounting
Kelebihan:
a) Respon cepat
b) Jarang terkena virus
c) Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak
terduga, contohnya mati lampu
Kelemahan:
a)
Tampilan masih hitam
putih
b)
Sangat sulit untuk di
upgrade jika untuk pengembangan software ini.
c)
Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
5.
Zahir Accounting
Kelebihan:
a) Mudah digunakan oleh non Akuntan
b) Desain User Interface Menarik dan Mudah
Dipahami
c) Faktur dan Laporan dapat Didesain
d) Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai
Format
e) Menggunakan Database Client Server
f) Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai
Kebutuhan
g) Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
h)
Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail
Transaksi (Audit / Drill-down)
Kelemahan:
a)
Harga untuk
licensinya mahal
b) Tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2
lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan
alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
c)
Hanya memiliki satu mata uang.
Daftar Pustaka:
Disini juga ada software Akuntansi dan menejemen keuangan.
BalasHapusKunjungi http://kementeriankeuangan.com/ atau cek di Software Akuntansi
selain software di atas ada juga nih, software akuntansi yang ga cuma bisa ngehandel akuntansi tp juga bisa buat ngelola semua aspek bisnis kaya gudang, distribusi, manufaktur dan lain lain. nama softwarenya Acumatica Cloud ERP. coba cek cek sis
BalasHapusArtikel yang menarik gan. Mungkin boleh saya tambahkan sedikit info kini ada software lain yang sebaik dengan software-software diatas. LIMAX Accounting Software
BalasHapusSudah berkiprah selama lebih dari 15 tahun dan telah memiliki ratusan client dalam bidang usaha yang sangat bervariasi. Program kami juga telah siap pakai dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan.